Dubes dan IRRIKA Menyapa Umat Muslim dengan lagu “Lebaran Sebentar Lagi”

Duta Besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan. Laurentius Amrih Jinangkung SH, LLM menyapa umat Muslim di Indonesia dan di belahan bumi yang lain dengan mempersembahkan lagu “Lebaran Sebentar Lagi”. Lagu ini dinyanyikan bersama dengan para rohaniwan-rohaniwati Indonesia yang ada di kota Roma, yang tergabung dalam Ikatan Rohaniwan-Rohaniwati Indonesia di Kota Abadi Roma (IRRIKA).

DUBES DAN IRRIKA

Dubes Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung dan Irrika membawakan lagu “Lebaran Sebentar Lagi” sebagai ucapan Idul Fitri 1442 H, kepada umat Muslim Indonesia. (Foto: Dokumen KBRI di Vatikan)

Video yang pengambilan gambar berlangsung di kantor KBRI di Vatikan ini viral di medsos. Putra asli Nanggulan, Kulon Progo, DIY kelahiran 18 Juni 1967 ini, kepada Thetungkem.Com mengungkapkan, sebelum pengambilan gambar, mereka berlatih sejam sebelumnya.

“Kalau proses pengambilan gambar sih relatif cepat ya. Dengan peralatan yang ada, kami berlatih dulu sejam sebelumnya,” ungkap  alumni Fakultas Hukum UGM dan Cornell Law School, ini.  

LAURENTIUS AMRIH JINANGKUNG DI DEPAN BASILIKA ST PETRUS DI VATIKAN (FOTO: Dok.KBRI di Vatikan)

Menurut Amrih, demikian sapaan akrabnya, ide awal pembuatan video ini, karena ingin menyapa teman-teman yang beragama Muslim. “Kami ingin memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada mereka, yang juga adalah saudara-saudara kita semua,” tegasnya.

Untuk menjalin kerukunan dan kerja sama antaragama pula, Amrih bercerita, pada awal bulan puasa, tepatnya pada 16 April, KBRI di Vatikan mengadakan webinar interfaith dialogue, yang dihadiri oleh pembicara dan peserta dari semua agama.

Naah, menyapa atau memberi ucapan kepada saudara yang sedang merayakan hari besar keagamaan ini merupakan salah satu bentuk konkret, bukan hanya kerukunan, tapi juga kasih sayang kepada sesama yang kebetulan berbeda agama,” ujar Amrih, yang semasa mahasiswa aktif di Misa Kampus UGM dan Mudika Paroki Nanggulan.

DI SALAH SATU LORONG GEDUNG KEMENLU VATIKAN (Foto: Dok.KBRI di Vatikan)

Dari kota suci Vatikan, Dubes Amrih ingin menggaungkan pesan-pesan damai dalam kehidupan antargama. “Kami ingin meningkatkan toleransi antar umat beragama, memupuk persaudaraan, dan meningkatkan persatuan.”

Dubes Amrih juga bercerita saat ini, dalam masa pandemi Covid 19, suasana di Vatikan sama seperti suasana di tempat lain, masih sangat membatasi diri. “Sempat lockdown, semua kegiatan dilakukan secara virtual. Sekarang kegiatan-kegiatan juga masih virtual, kalaupun off-line, peserta sangat terbatas,” ujarnya.

AUDIENSI DENGAN PAUS FRANSISKUS (Foto: Dok.KBRI di Vatikan)

Demikian pula acara-acara  Paus Fransiskus, juga banyak yang diselenggarakan secara virtual. Banyak acara resmi oleh Paus yang dibatalkan atau dilaksanakan secara virtual. Saya sendiri sebagai Duta Besar, baru satu-dua kali bertemu dengan Paus dalam acara resmi yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo menugaskan Laurentius Amrih Jinangkung sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan pada 14 September 2020. Dan diterima audiensi oleh Paus Fransiskus di Sala della Benedizione pada 8 Februari 2021. Dubes Amrih melanjutkan tugas Antonius Agus Sriyono, pendahulunya.  

Penulis: Anton Sumarjana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *