Margaretha Subekti, Perempuan Inspiratif

Penulis memanggil dengan akrab Mbak Bekti. Perempuan kelahiran Sleman, 18 Februari 1965, memang pantas menjadi Ibu Inspirasi, utamanya inspirasi bagi kaum perempuan.

MARGARETHA SUBEKTI /Foto: Dokumen Pribadi

Mbak Bekti bersuamikan Zakarias Samuel Sem SE, dan dikaruniai dua putra, satu putri. Saat ini tinggal di Labuan Bajo, Golo Koe, Desa Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Saat penulis menghubungi, Mbak Bekti sedang kurang fit, karena dampak vaksin ke-2 mengakibatkan tekanan darahnya naik. Puji Tuhan ia cepat sehat dan melanjutkan wawancara. Mbak Bekti orangnya familiar, enak diajak ngobrol.

Pendidikan formalnya dari SD Kanisius Berbantuan  Kalasan 1976; SMP Kanisius Berbantuan Kalasan Sleman 1980; SMA Santo Thomas Aquinas Sleman 1983, Perguruan Tinggi Administrasi Pembangunan APMD Yogyakarta 1986.

BERSAMA BECKY ANDERSEN DARI CNN/Foto: Dok.Pri

Kemampuan berorganisasi dan penggerak kemasyarakatan didukung oleh pendidikan formal dan informalnya serta pengalaman berorganisasi. Kemampuan dalam kepemimpinan, negosiasi, berjejaring dan beradaptasi dengan lingkungan tinggi dan luar biasa. Ia juga mempunyai kemampuan tinggi dalam komunikasi publik.

Berikut Pendidikan informal yang pernah ia jalani: Pelatihan Tenaga Pengembang Kelompok Swadaya (TPKS) di Bina Swadaya Jakarta; Training Ekonomi Rumah Tangga di Yayasan Purba Danarta Semarang; Lokakarya Peranan Wanita Dalam Pengembangan Masyarakat, di Pusat Studi Wanita dan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup UGM dengan Faculty of Environment Studies Waterloo Canada.

BERSAMA KOMUNITAS PEREMPUAN KUAT DI LABUAN BAJO FLORES/Foto: Dok. Pri

Berikutnya, Pelatihan Dasar Manajemen Keuangan dan Kalkulasi Ekonomi, oleh USC Canada Indonesia, Flores Maumere; Lokakarya Teater Rakyat, di Studio Audio Visual PUSKAT Yogyakarta; TOT Pendampingan IR oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan di Jakarta.

Mbak Bekti juga mengikuti TOT Pengelolaan Homestay dalam Rangka Pengembangan  Desa Melalui Pendampingan di Labuan Bajo. Pelatihan ini bersertifikat dan masih banyak pelatihan yang diikuti namun tidak bersertifikat.

Pengalaman berorganisasinya juga membentuk pribadi yang tangguh seperti saat ini. Ketua Forum Mahasiswa dan Ketua Seksi Olahraga dan Seni Kampus (1983-1986). Pengurus PMKRI (1985-1986). Ketua Mudika Paroki Kalasan Sleman (1984-1988).

Pengurus Pemuda Katolik Cabang Sleman. Pengurus P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak). Ketua Bidang Keorganisasian  dan Pendidikan Wanita Katolik RI Yogyakarta. Ketua Komisi Pendidikan, Yayasan Darma Ibu, TK Indriya Sana Yogyakarta, dan Ketua Komite SD Kanisius Kalasan Sleman.

Pada Pemilu 2014, ia memfasilitasi penguatan calon DPRD Perempuan Manggarai Barat. Memfasilitasi Duta Kebersihan Kota (Peduli Sampah), Daur Ulang Sampah Manggarai Barat Labuan Bajo. Memfasilitasi Pendidikan Koperasi Sadar Sampah. Memfasilitasi Pengembangan Organisasi Rumah Pekerti.

Pengalaman kerja:

  1. Sebagai Staf Yayasan Karya Desa Yogyakarta, dengan pekerjaan utama; Pendampingan Keluarga Produksi Gula Kelapa di Bukit Menoreh Kulon Progo; Pemasaran Produk Gula Kelapa dan Pendampingan Kelompok Usaha Kecil (tahun 1983-1985)
  2. Sebagai Staf Yayasan Mekar Karya Yogyakarta, dengan pekerjaan utama: Pendampingan isteri-isteri tukang becak di Terminal Umbulharja Yogyakarta; Menggalang Permodalan Bagi Pengusaha-pengusaha Kecil Melalui Gerakan Menabung (1987-1991)
  3. Anggota Tim Evaluasi Proyek CRS di Lembaga DELSOS Keuskupan Larantuka (1991)
  4. Menjadi Ibu INSPIRASI Kopernik, mewakili Indonesia di Abudabi-Dubay untuk Energi Baru dan Terbarukan (2014-2018)
  5. Pendamping Industri Rumahan Program Kementerian Pemberdayaan Perempuan tahun 2015-2018
  6. Menjadi fasilitator, narasumber untuk para pendamping korban kekerasan dalam rumah tangga (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Inilah perjumpaan dengan seorang Perempuan Penuh Inspirasi dan Menginspirasi.

Bagi yang akan berwisata ke Labuan Bajo atau Pulau Komodo, boleh kontak Mbak Bekti, pasti akan senang.

Penuis: A. Benedictus Gandi

6 Komentar

  1. The one who always inspires many people especially me. 🥰

  2. Memang hebat sahabatku yang satu ini, Proficiat for U

  3. Ibu yang enerjik, luar biasa

  4. Ibu Bekti sosok yang sangat hebat dan saya sangat bangga menjadi salah satu orang yang di dampingi beliau selama ini.

  5. Hallo.. wanita super.. temen ku sekolah..PF mbak Bekti.. sukses ya

  6. Ibu Bekti adalah perempuan Inspiratif beliau juga salah satu Tokoh dan pelaku UMKM di Labuan Bajo. Beliau juga memiliki rasa semangat dan daya juang yg tinggi. Sukses untuk Ibu Bekti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *