Kevikepan DIY Membagi 150 Ribu Bibit Sayuran

Sebanyak 150 ribu bibit sayuran, berbagai jenis diterimakan kepada paroki-paroki dari seluruh wilayah gerejani Kevikepan DIY.

Pembagian bibit sayuran bertempat di Basecamp Paguyuban Ketahanan Pangan Kevikepan DIY (PKPK DIY), yang berlokasi di Kebun Omah Paseduluran, Dusun Dukuh, Kelurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman, DIY.

BIBIT SAYUR BERBAGAI JENIS
Kevikepan DIY melalui PKPK DIY membagi 150 ribu bibit sayur berbagai jenis, bertempat di Kebun OP, Jumat 3 Juli 2020. Jenis bibit yang dibagikan adalah tomat, terong ungu, cabe keriting, cabe rawit dan kaelan.
Foto: Anton/ThetungkemC

PKPK DIY mewakili Kevikepan DIY mengorganisir pembagian bibit sayuran ini. Menurut Ketua PKPK DIY Elis Setyaningsih, pembagian bibit sayuran ini merupakan salah satu program ketahanan pangan Kevikepan DIY. Sebelumnya, telah dibagikan 150 ribu batang bibit singkong dan 180 ribu ekor bibit ikan lele. “Untuk bibit sayuran ini, ada 20 paroki yang turut serta dalam gerakan ketahanan pangan Kevikepan DIY dengan mengambil berbagai jenis bibit sayuran. PKPK DIY menyediakan bibit terong ungu, cabe rawit, cabe keriting, kaelan, dan tomat,” tutur Elis, saat menyambut perwakilan paroki-paroki yang hadir di Kebun OP, Jumat 3 Juli 2020.

Sebelum bibit dibagikan Vikep DIY Romo Andrianus Maradiyo Pr, memberi sambutan, dan memberkati berbagai jenis bibit sayuran yang hendak dibagikan.

BERKAT ROMO VIKEP DIY
Romo Dio memercikkan air yang telah disucikan ke bibit-bibit sayur yang akan dibagikan ke umat melalui paroki masing-masing.
Foto: Anton/Thetungkem.Com

 Vikep DIY Romo Andrianus Maradiyo Pr memulai sambutan dengan mengatakan, menghadapi kesulitan hidup sebagai akibat dari wabah korona atau Covid 19, kita tidak bisa hanya berada di rumah, hanya berdoa, tanpa melihat kiri dan kanan. “Kita melihat realitas kehidupan yang sungguh-sungguh dirasakan dan dialami oleh banyak orang karena wabah korona,” tutur Rm Dio, panggilan akrab Romo Andrianus Maradiyo Pr.

Berangkat dari hal ini, kata Romo Dio yang pernah bertugas di Paroki Wedi, Klaten ini, Kevikepan DIY mengambil langkah turut ambil bagian dalam mengatasi krisis lewat hal kecil dan sepele. “Pagi ini pembagian bibit sayuran. Ini terwujud berkat subsidi dari Komisi PSE Kevikepan DIY,” ujar Romo Dio.

Pembagian bibit sayuran ini dikoordinasi oleh Paguyuban Ketahanan Pangan Kevikepan DIY (PKPK DIY), yang belum lama dibentuk Vikep DIY. PKPK DIY menggerakkan program ketahanan pangan, meliputi penyediaan berbagai bibit, pemasaran hasil panen, dan pengolahan makanan paska panen. Oleh karena itu, PKPK DIY telah menjalin kerjasama dengan dosen-dosen dari UGM dan telah menjalin MoU dengan Fakultas Tehnobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

 Maka, dalam akhir sambutannya, Romo Dio mendorong semangat umat se kevikepan DIy untuk tidak kuatir menanam dan membudidayakan ikan lele. “Jangan kuatir ada banyak tempat yang menampung dan mendistribusikan hasil panen,” tutur imam asal Ungaran, Jawa Tengah ini.

PENYERAHAN BIBIT
Ketua Komisi PSE Kevikepan DIY Romo Jonathan Billie Cahyo Adi Pr menyerahkan bibit sayuran secara simbolis kepada wakil-wakil paroki yang hadir di Kebun OP
Foto: Anton/Thetungkem.com

Setelah sambutan dan pemberkatan bibit sayuran oleh Vikep DIY, Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Kevikepan DIY Romo Jonathan Billie Cahyo Adi Pr, secara simbolis menyerahkan bibit sayuran kepada wakil-wakil paroki yang hadir. (Anton/TT.com)

VIDEO PEMBERKATAN BIBIT 

BERKAT VIKEP DIY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *